Pages

Rabu, 20 April 2011

Pola Hidup Sehat

             Pola hidup sehat adalah suatu tindakan dimana kita secara keseluruhan untuk bertindak dalam hidup yang sehat . Sejak kecil seringkali baik di rumah maupun di sekolah kita diajarkan dengan Pola makan 4 sehat 5 sempurna. Memang untuk memperoleh badan yang sehat dibutuhkan pula pola makan yang sehat pula untuk menjamin Pola hidup sehat yang sukses.Untuk mengingat kembali pola makan empat sehat lima sempurna tidak ada salahnya kita ulas lagi pengertian 
empat sehat lima sempurna adalah sebagai berikut:

1. Makanan Pokok
Makanan utama berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh kita sehingga tubuh mampu malakukan aktifitas sehari-hari. Contohnya seperti nasi, jagung, oat, kentang, gandum/tepung terigu, serta umbi-umbian lainnya.
2. Lauk-Pauk
Lauk pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Misalnya yaitu tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain.
3. Sayur-Mayur
Sayur sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contoh : kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siam, dan lain sebagainya.
4. Buah
Mirip dengan sayur mayur, buah-buahan,pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contohnya yakni apel, manggis, markisa, kesemek, salak pondoh, duren, dan lain sebagainya.
5. Susu
Susu sebagai pelengkap di mana tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya. Namun tidak ada salahnya jika kita minum susu setelah makan, karena mengandung berbagai macam kandungan zat yang berguna dan baik bagi tubuh kita.

             Dengan pola makan yang sehat ini akan menjamin kita dalam melakukan pola hidup sehat yang kita inginkan. sehat sangat di butuhkan sekali bagi kita semua karena sehat harganya mahal sekali dan lebih mahal dari apapun jadi kita harus tetap menjaga kesehatan kita dengan sebaik mungkin.

0 komentar:

Posting Komentar